Bersama Petugas Damkar, Warga Perum Riscon Pajajaran Bahu Membahu Bersihkan Saluran Drainese

36

 

Kabupaten Bogor (JBN) – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, turut serta membantu warga Komplek Perumahan Grand Riscon Pajajaran Blok F Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede yang melaksanakan kegiatan gotong royong (Goro), Minggu (28/08/2022).

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor turun tangan membantu warga dengan menurunkan langsung 1 armada mobil damkar untuk membantu membersihkan parit dan gorong-gorong yang mampet akibat sedimentasi yang cukup parah.

Nuriyadi, salah satu petugas Damkar yang turut serta membantu warga menyatakan, para petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor selalu siap membantu warga sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Damkar, selain penanggulangan musibah kebakaran, petugas juga siap membantu warga membersihkan sarang tawon, evakuasi ular di pemukiman, membersihkan saluran air yang tersumbat dan lain sebagainya.

“Bila ada permasalahan terkait hal – hal tersebut, jangan sungkan untuk menghubungi kami, tentunya kami selalu siap membantu warga Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ketua Paguyuban Kompleks Grand Riscon Pajajaran Blok F, Yusdiansyah didampingi para pengurus dan warga menjelaskan, gotong royong yang digelar merupakan pembersihan saluran air yang ada di jalur utama, pembersihan saluran tidak terjangkau secara manual karena terkendala sedimentasi yang cukup parah, karena itu pihaknya meminta bantuan Damkar Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah petugas Damkar Kabupaten Bogor sangat responsif, saat kami hubungi, tidak lama berselang, armada Damkar langsung tiba di tempat kami bergotong royong untuk membantu warga,” ujarnya.

Pembersihan lingkungan tersebut merupakan hasil musyawarah warga dalam rangka mengurangi genangan banjir yang terjadi setiap hujan deras akibat tersumbatnya saluran drainese, juga untuk mengantisipasi tingginya curah hujan dan juga waspada terhadap DBD (demam berdarah dengue).

“Kita berharap dengan kegiatan pembersihan saluran air ini dapat mengurangi debit air yang masuk ke perumahan warga, rencananya kegiatan gotong royong ini akan kami lanjutkan di beberapa titik saluran air yang lain,” imbuhnya.

Partisipasi warga dalam kegiatan ini nampak cukup tinggi, baik secara tenaga maupun materil, walaupun sejak siang hari diguyur hujan, warga bersama petugas Damkar tetap bersemangat bahu membahu membersihkan saluran drainese yang cukup panjang tersebut.

Ketua Paguyuban Warga sekali lagi menyampaikan terimakasih kepada warga yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan goro. Dia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Damkar dan semua pihak yang sudah mendukung kegiatan goro di lingkungan tersebut.(YD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here