Bupati Sukabumi Hadiri Gelaran Seni Budaya ‘Gendang Karo Mboro Ate Tedeh’

28
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. (Foto/Tim)
Sukabumi (JBN) – Perkumpulan Warga Batak Karo di Kabupaten Sukabumi gelar seni budaya ‘Gendang Karo Mboro Ate Tedeh’ dalam rangka menyambut hari jadi ke 7 TH. Sabtu (21/01/2023).
Kegiatan perkumpulan warga Batak Karo yang diberi nama Persada Sada Nioga Sukabumi merupakan wadah perkumpulan warga Batak Karo yang ada di Sukabumi resmi berdiri pada tahun 2016 silam.
Dalam kegiatan acara perayaan, dilaksanakan dilokasi PT Bahtera Dingga Jaya berada di Kampung Pangleseran-Cibatu, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Forkopimcam Cikembar dan tamu undangan lainnya.
Ketua Persadaan Sada Nioga Sukabumi, Boby Sinulingga dalam sambutannya mengatakan, kami seluruh warga Batak Karo yang ada di Sukabumi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Sukabumi dan semua tamu undangan yang hadir dalam kesempatan ini. Dan inilah salah satu seni budaya kami yang kami persembahkan kepada seluruh tamu undangan yaitu Gendang Karo Mboro sebagai persembahan pembuka acara ini.
“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini, yaitu untuk merayakan hari jadi ke 7 TH dan memenuhi kerinduan untuk bisa menampi budaya karo di sukabumi ini. Sehingga kita sebagai orang karo dapat bersatu dan melestarikan budaya nenek moyang kita terdahulu,” ungkap, Boby Sinulingg kepada awak media, Sabtu (21/01/2023).
Senada juga disampaikan oleh Marjan Keliat, sebagai ketua panitia persiapan dalam kegiatan acara HUT Persadaan Sada Nioga Sukabumi, kegiatan ini sebagai bentuk memperkokoh persaudaraan dan menyambung tali silaturahmi dengan warga Batak Karo di Sukabumi, sekaligus sebagai sarana menjalani persaudaraan dengan warga Sukabumi dalam menciptakan kerukunan antar suku, adat dan budaya.
“Saya ucapkan puji dan syukur atas hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hari ini, kita masih diberi kesempatan dan perlindungan, sehingga kita dapat berkumpul mengikuti acara hari jadi ke 7 TH. Dengan mempersembahkan seni budaya Gendang Mburo Ate Tedeh sebagai persembahan kepada tamu undangan,” ungkapnya.
Lanjutnya, selaku ketua panitia kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para sponsor dan donatur yang telah menyempatkan waktu memenuhi undangan di acara ini dan memberikan sumbangsihnya.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini dengan baik,” pungkasnya. (Tim/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here