Datangi Posko Pengaduan di Balai Kota Warga Papua Minta Bantuan Mediasi PJ. Gubernur DKI

9
Warga Papua Datangi Posko Pengaduan di Balai Kota. (Foto/Ist)
Jakarta (JBN) – Upaya Pemerintah Daerah Papua mengosongkan warga Papua yang mendiami Mess Papua dibilangan Tanah Abang, Senin (24/10/22) mendapat penolakan dari warga Papua yang selama ini mendiami tempat tersebut.
Merasa Pemprov Papua kurang transparan dalam menyelesaikan persoalan ini, Selasa (25/10/2022), perwakilan warga Mess Cendrawasih, mendatangi meja aduan di Balaikota, untuk menyampaikan permohonan kepada Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono agar dapat dilakukan mediasi dengan Pihak Pemprov Papua.
“Kami harap, masalah kami ini dapat diselesaikan melalui mediasi. Kami anggap sosialisasi dari Pemprov Papua sangat kurang dan tidak transparan. Kami mohon Pj. Gubernur bisa membantu kami,” demikian dikatakan Zakeus, Ketua Ikatan Keluarga Cendrawasih, yang ditemui setelah selesai menyampaikan aduan di Balai Kota DKI Jakarta.
Permasalahan warga Mess Cendrawasih dengan Pemda berawal dari keinginan Pemprov Papua untuk memanfaatkan tanah yang berlokasi Jalan K.H. Mas Mansyur No. 63, Kebo Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sedangkan warga merasa tidak ada penjelasan dari pihak Pemprov. Warga Papua mengharapkan agar baik pihak Pengprov dan warga bisa duduk Bersama sehingga bisa menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.
“Kami sudah tinggal disana sejak tahun 1964, sudah 58 tahun dan menjaga aset tersebut dengan baik, jadi wajar kami minta Pemda Pemprov melakukan pendekatan yang baik. Pemanfaatan untuk apa juga kami tidak tahu,” jelas Henky AP, Sekertaris Ikatan Keluarga Cendrawasih, turut menjelaskan.
Wa Ode Herlina, S.I.Kom MM anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP tampak mendampingi sejumlah warga Papua saat menyampaikan keluhannya kepada petugas pengaduan di Balai Kota DKI Jakarta.
“Saya dikontak diminta untuk temani, (untuk sampaikan aduan, red). Tentu saya datang. Mereka ini warga DKI juga. Semoga Pj Gubernur bisa bantu,” Ujar Wa Ode DPRD DKI dari daerah pemilihan Jakarta Pusat.
Wa Ode Herlina yang dikenal dekat dengan “wong cilik” berharap permasalahan antara warga Papua dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dapat segera diselesaikan dengan win-win solusi.
Mess Cendrawasih yang terletak di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat diberikan oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno kepada warga Papua saat Irian (Papua) kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi pada 1 Mei 1963. Saat ini Mess milik Pemprov Papua dihuni 224 kepala keluarga asal Papua atas 1000 jiwa masyarakat Papua yang mendiaminya. (Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here