Kadis DLH Bungkam Saat Dikonfirmasi Hasil Temuan BPK, Ketua FWBB: Kita Akan Koordinasi Dengan APH

17
Kab Bogor (JBN) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bungkam saat dimintai keterangan hasil temuan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia BPK RI, Provinsi Jawa Barat, Tahun 2021.
Saat diminta konfirmasi dengan berbagai pertanyaan hasil temuan BPK RI. Kadis DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Bungkam bahkan langsung melakukan pemblokiran terhadap nomor seluler wartawan fwbbnews.com saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Senin (12/12/2022).
Sontak informasi tersebut membuat Ketua Forum Wartawan Bogor Bersatu FWBB Iwan angkat bicara.
Menurutnya, hal tersebut
merupakan contoh buruk yang tidak pantas ditiru oleh SKPD lain, sebagai pimpinan lembaga pelayanan publik, seharusnya para pejabat dapat memahami UU KIP atau Keterbukaan Informasi Publik, termasuk di dalamnya kewajiban untuk memberikan informasi kepada media.
“Temuan BPK RI ini merupakan informasi penting dimana masyarakat, terlebih media sebagai sosial kontrol berhak menindaklanjuti hal tersebut kepada pihak terkait, dalam hal ini SKPD yang menurut hasil pemeriksaan BPK ada permasalahan yang belum tuntas,” lanjut Iwan.
“Kalau memang sudah sesuai aturan kenapa harus bungkam & seolah risih menjawab pertanyaan wartawan, padahal jelas dari hasil pemeriksaan bahkan didapati adanya pemalsuan dokumen yang dilakukan salah satu UPT?,” Imbuhnya.
Iwan menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak APH (Aparat Penegak Hukum) bila memang dari Dinas DLH enggan memberikan keterangan.
“Ya, kita akan berkoordinasi dengan Polri & Kejaksaan untuk menindaklanjuti temuan BPK ini, sebagai media sekaligus sebagai warga Kabupaten Bogor, kami berhak melaporkan bila ada hal yang diduga melanggar aturan, apalagi ini adalah anggaran negara, menyangkut uang rakyat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here