Kompak, Warga Desa Bojonggede Salurkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

81
Kegiatan sosial penyaluran bantuan ke lokasi korban gempa cianjur oleh warga dan pemdes bojonggede, kabupaten bogor. (Foto/JBN)
Cianjur (JBN) – Kolaborasi antara Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) dengan Pemerintah Desa Bojonggede ikut serta menyalurkan bantuan secara langsung ke 9 titik lokasi bencana. Aksi sosial yang telah digagas ini, menghasilkan sejumlah bantuan berupa pangan, rehabilitasi rumah dan peralatan kebutuhan lainnya.
Kegiatan yang merupakan inisiatif bersama para warga tersebut turut mendapat dukungan dari Plt Bupati Bogor yang hadir secara langsung ke lokasi keberangkatan, hingga melepas iring-iringan keberangkatan pembawa bantuan, langsung dari titik kumpul di Terminal Bojong Gede, Kabupaten Bogor.
Kegiatan sosial penyaluran bantuan ke lokasi korban gempa cianjur oleh warga dan pemdes bojonggede, kabupaten bogor. (Foto/Ren)
Menurut keterangan, Kepala Desa Bojonggede Dede Malvina, pendistribusian bantuan titik pertama berada di posko TAGANA Cimacan.
“Titik pertama sesuai rute yang kita lalui yaitu posko TAGANA Cimacan bantuan yang kita titip berupa tempe mentah untuk dapur umum seharga 2,5 juta ditambah 2 buah terpal untuk pengungsi 50 tikar pengisian ditambah 20 pack kerupuk serta biaya masak dapur 2,5 juta,” ujar Dede, Rabu (7/12/2022).
Selain itu, lokasi kedua menuju Pondok Pesantren Sabilurrosyad Cikaroya Warungkondang yang menjadi salah satu sarana pendidikan ikut terdampak gempa.
“Disini kita menitip biaya rehabilitasi sebesar Rp 15 juta dan bantuan mie instan serta 2 dus kain sarung,” ujarnya.
Ia menambahkan, lokasi berikutnya ke Desa Pacet Cianjur menyerahkan bantuan kepada 1000 orang pengungsi, dengan total 200 paket bingkisan, 150 tikar, 5 buah terpal pengungsian, 30 dus mie instan, 30 pack beras dan dana dapur umum
senilai 5 juta diserahkan langsung kepada pengurus posko.
“Alhamdulillah semua bantuan yang kita salurkan murni dari masyarakat Desa Bojonggede bersama relawan dan rekan jurnalis FWBB yang sudah membantu menggalang dana untuk korban gempa Cianjur dengan total pendapatan terkumpul sebanyak Rp150 juta,” ucapnya.
Ditempat yang sama, Ketua Forum Wartawan Bogor Bersatu FWBB Iwan Boring yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memberikan bantuan untuk meringankan beban saudara kita.
“Semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat Cianjur dan menjadi pahala buat kita semua,” singkatnya.
Salah satu relawan saat bersama anak-anak yang orangtua nya menjadi korban gempa cianjur. (Foto/Ren)

Sementara Ari Nugraha sebagai Ketua RW 07 Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sangat berterima kasih kepada relawan yang sudah membantu meringankan beban warganya.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah membantu baik secara material maupun tenaga sekali lagi kepada Kepala Desa Bojonggede beserta relawan dan rekan jurnalis dari FWBB. Saya ucapkan terima kasih semoga kebaikan ini menjadi ibadah dan bermanfaat buat kami yang menerima,” ungkap Ari sembari menerima bantuan.
Udha Refa, salah satu warga yang ikut dalam rombongan aksi sosial Desa Bojonggede merasa bangga melihat betapa kompak dan seirama empatynya para tetangga dilingkungan tempat tinggalnya tersebut.
“Smoga aksi sosial yang dilaksanakan oleh warga desa bojonggede ini, dapat menjadi magnet bagi setiap Desa dan warga lain, untuk dapat melaksanakan kegiatan sosial seperti ini, untuk dapat mengurang sedikit beban dari saudara-saudara kita di cianjur ini. Dan kiranya masyarakat cianjur dapat selalu diberi kesehatan dan ikhlas atas musibah yang sedang dialami, amin,” pungkasnya. (Ren)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here