Konsultasi Publik KLHS RPJMD Kabupaten Lebak 2025-2029: Menuju Pembangunan Berkelanjutan dan Kolaborasi Lingkungan

50
JBNLebak,-Pemerintah Kabupaten Lebak melaksanakan Kegiatan Konsultasi Publik (KP 1) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2029 pada rabu, 8 Mei 2024 bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak dan diikuti oleh perangkat Daerah, organisasi kemasyarakatan, organisasi mahasiswa, profesi dan akademisi.

Kepala Dinas LH Iwan Sutikno SKM, MA selaku Ketua Tim Pokja KLhS RPJMD kab. Lebak dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan KP1 KLHS RPJMD 2025- 2029 bertujuan untuk :
– [ ] MENENTUKAN ISU-ISU PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN YANG MELIPUTI ASPEK SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN HIDUP SERTA BENTUK KETERKAITAN ANTAR KETIGA ASPEK TERSEBUT;
– [ ] MENENTUKAN ISU YANG PALING STRATEGIS, PRIORITAS ATAu MENJADI AKAR MASALAH DARI SEMUA ISU YANG TERJADI; DAN
– [ ] MEMBANTU PENENTUAN CAPAIAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN.

DALAM PELAKSANAAN KONSULTASI publik ini
diharapkan dapat menjaring dan menyepakati
ISU STRATEGIS pembangunan berkelanjutan SEHINGGA PROSES PERENCANAAN
DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAPAT DILAKUKAN DENGAN LEBIH KOMPREHENSIF DAN EFEKTIF.

Sekretaris Daerah, BUDI SANTOSO, AP., M.SI dalam sambutan sekaligus membuka acara menerangkan “Dokumen KLHS RPJMD Kabupaten Lebak Tahun 2025 – 2029 diharapkan menjadi pedoman bagi semua pemangku kepentingan di dalam proses perumusan kebijakan bahwa penyelenggaraan KLHS dan perencanaan pembangunan daerah bukan merupakan perencanaan yang parsial, namun terintegrasi satu sama lain menjadi satu kesatuan dokumen perencanaan pembangunan.

Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah juga menyerukan kepada seluruh pihak untuk secara bersama sama mengatasi permasalahan lingkungan. banyak hal yang dapat dilakukan, dari hal-hal sederhana, seperti mengurangipenggunaan plastik sekali pakai, menghemat penggunaan air dan energi, serta mengedukasi diri sendiri dan orang lain tentang pentingnya pelestarian lingkungan.(ADRIYANTO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here