Laksanakan Perintah Pangdam III/Siliwangi Yonif Raider 300/Bjw Tangani Anak Patah Tulang Korban Bencana Gempa

5
Cianjur(JBN) – Yonif Raider 300/Bjw secara intensif mengirimkan 12 Personel Peleton Kesehatan dipimpim oleh Letda Ckm Rianja Ikhwan Ardhyatama untuk melaksanakan pengobatan kepada pengungsi Korban yang terdampak gempa Cianjur.
Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw Kodam III/Slw, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11/2022).
(Foto/Ist)
Dijelaskan Danyonif, menanggapi penyampaian dari Sekda Kabupaten Cianjur masih banyak pengungsi korban terdampak gempa belum sepenuhnya mendapatkan bantuan tenaga kesehatan.
Menjawab pernyataan tersebut, Peleton Kesehatan bergerak cepat terjun menuju ke daerah bencana yang belum tersentuh oleh tenaga kesehatan yaitu diantaranya di Desa Ciputri Kecamatan Pacet dimana terdapat seorang anak bernama Adelia (10 th) yang terkena reruntuhan bangunan saat terjadinya gempa bumi yang mengakibatkan anak tersebut mengalami patah tulang di paha atas bagian kiri.
Peleton Kesehatan Yonif Raider 300/Brajawijaya berupaya mengobati anak tersebut dengan cara menggunakan alat dan teknik Bidai untuk mengurangi rasa nyeri pada pergeseran tulang yang patah dan menjadikan salah satu pertolongan pertama pada anak tersebut sebelum mendapatkan perawatan lebih lanjut dan diberi obat anti nyeri untuk mengurangi rasa sakit yang dialaminya.
Tidak hanya itu personel kesehatan dari Peleton Keseharan Yonif Raider 300/Brajawijaya mengadakan penyuluhan dan sosialisasi agar tetap waspada saat terjadi gempa bumi, tetap senantiasa menjaga kesehatan serta menghibur sejenak kepada korban gempa bumi termasuk anak-anak supaya tidak terjadi Natural Disaster Trauma dimana itu sudah merupakan perintah dari Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dan sejalan dengan arahan dari Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P yang menerangkan bahwa TNI harus menjadi solusi dari kesulitan rakyat.
Dokter Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, Lettu Ckm dr. Bayu Indra menambahkan bahwa Peleton Kesehatan secara intensif akan terus melaksanakan perbantuan kesehatan khususnya pengobatan kepada para pengungsi yang terdampak gempa tanpa memandang waktu agar para korban dapat pulih lebih cepat.
(Foto/Ist)
Ucapan terima kasih dari Bpk Iwan Gunawan, Bapak dari Adelia serta sambutan yang hangat dari warga korban terdampak gempa di Desa Ciputri Kecamatan Pacet akan kehadiran perbantuan kesehatan dari Yonif Raider 300/Bjw yang dirasa sangat membantu karena korban bisa mendapatkan penanganan medis dengan cepat sehingga dapat meringankan beban disaat tertimpa bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.
Komandan Yonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi berharap dengan dilaksanakan perbantuan tenaga medis ke daerah bencana serta pengobatan secara intensif ini dapat mengurangi jumlah korban yang semakin banyak serta dengan penanganan yang baik, membuat para korban akan pulih lebih cepat.(Red/**)
Sumber: Pen Yonif Raider 300 Lettu Inf Dody Suyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here