Penghormatan Dan Pelestarian Budaya Di Banten,1500 Warga Baduy Padati Pendopo Pemkab Lebak

22
JBNLebak-,Tepat pada hari ini jum’at (17/05). 1500 masyarakat baduy dalam dan baduy luar melakukan acara rutin yaitu Seba Baduy.

Seba Baduy adalah sebuah tradisi tahunan yang dilakukan oleh suku Baduy di Banten, Indonesia. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat Baduy kepada pemerintah dan pimpinan daerah setempat, khususnya Bupati Lebak.

Dalam prosesi Seba, masyarakat Baduy, baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar, berjalan kaki menuju pusat pemerintahan untuk menyerahkan hasil bumi sebagai tanda terima kasih dan untuk menunjukkan keberlanjutan budaya mereka.

Sekitar pukul 16.00 Wib semua masyarakat baduy yang melakukan acara seba baduy memasuki pendopo bupati untuk melakukan dialog kepada Bupati dan sekaligus menyerahkan buah tangan yaitu berupa hasil bumi.

Terlihat juga antusias masyarakat Lebak untuk menyaksikan acara Seba Baduy ini,Bahkan mereka sudah menunggu dari sekitar pukul 13.00 Wib salah satu warga mengatakan kepada awak media JABODETABEKNEWS Engkin urang bade moto bareng sareng urang Baduy, (nanti saya mau foto bareng dengan orang baduy).

Tradisi ini tidak hanya memiliki makna spiritual dan budaya bagi masyarakat Baduy, tetapi juga menjadi ajang mempererat hubungan antara suku Baduy dengan pemerintah daerah serta masyarakat luar.

Prosesi Seba biasanya disertai dengan berbagai acara budaya, seperti tarian, musik, dan pameran hasil kerajinan tangan masyarakat Baduy.(Adriyanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here