Sampah Liar Di Bantaran Sungai Cisadane Kelurahan Kedaung Baru Butuh Perhatian DKP Kota Tangerang

38
Tumpukan sampah liar di bantaran sungai cisadane di kelurahan kedaung baru kecamatan neglasari kota tangerang. (Foto/Rendy)
Tangerang (JBN) – Tumpukan sampah liar yang berada di bantaran sungai cisadane daerah aliran sungai-das), kelurahan kedaung baru, kecamatan neglasari patut mendapat perhatian srius dari pemerintah kota tangerang.
Didominasi oleh sampah plastik dan sebagian sampah rumah tangga, patut diduga, merupakan residu hasil pemilahan sampah daur ulang (R3) yang dikelola oleh pihak swasta.
Ditelusuri oleh media ini, diduga kuat lokasi tumpukan sampah dikelola oknum ketua lingkungan (S) yang melalui informasi dari warga setempat, telah beroperasi bertahun-tahun.
“Setahu saya sudah ada sejak bertahun-tahun pak,” ujar warga sekitar yang namanya enggan dituliskan di media ini, Senin (16/1/2023).
Melalui informasi yang didapat dari warga tersebut, media ini coba mengkonfirmasi pengelola lahan (ketua lingkungan-red) yang diduga menjadikan lahan miliknya dijadikan tempat penampungan akhir sampah liar tersebut. Namun, media ini hanya dapat ditemui oleh oknum warga yang mengatasnamakan dapat memfasilitasi komunikasi dengan pemilik lahan.
Merasa tidak ingin menerima konfirmasi, media ini mencoba mendapat keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kota Tangerang. Hanya dapat ditemui oleh staf dari bidang pengelolaan sampah (mewakili Kabid pS) media ini belum mendapat keterangan, dan hanya dijanjikan akan difasilitasi untuk bisa mengkonfirmasi hasil observasi yang dilakukan.
Untuk diketahui, Pengelolaan sampah telah diatur dalam undang-undang No. 18 Tahun 2008. Tempat pemrosesan akhir (TPA) adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan. Pemrosesan sampah didahului dengan mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah/volume sampah.
Sebagai informasi, Pemerintah Kota Tangerang telah memiliki tempat resmi pembuangan akhir sampah rumah tangga yaitu TPA Rawa Kucing, yang ada di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here