Support Radio Komunikasi Antar Desa, Kaprodi UBK Gelar Diklat di Desa Banjarwaru

61
Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bung Karno (kanan pertama dari depan) berfoto bersama dengan Komunitas Radio Komunikasi Antar Desa di desa Banjarwaru, Kabupaten Bogor. (Foto/TM)
Kab Bogor – Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bung Karno melakukan pengabdian dan pemaparan mengenai ilmu komunikasi kepada masyarakat di Desa Bajarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (20/6/2022).
Kegiatan bertajuk Kontribusi Ilmu Komunikasi: Jurnalisme Sebagai Agen Pembangunan Desa ini merupakan wujud dari implementasi ilmu untuk kemajuan masyarakat. Pengabdian ini terselenggara atas kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bung Karno, dengan Radio Komunikasi Antar Desa, dan pemerintahan Desa Banjarwaru.
Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Bung Karno, Achmad Rizki Edinbur menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari kewajiban dosen untuk ikut andil dalam memajukan masyarakat.
“Selain mengajar dan melakukan penelitian, dosen juga harus mengabdi masyarakat, ikut serta memajukan masyarakat sesuai bidang ilmu dan keahlian masing-masing,” ujar Achmad Rizki Edinbur.
Kegiatan ini disambut baik oleh Radio Komunikasi Antar Desa. Hal ini disampaikan oleh Suryadi, Ketua Radio Komunikasi Antar Desa, “Kami sangat senang, pemahami kami tentang jurnalis semakin meningkat, hingga semakin mengerti tatacara menyebarkan informasi ke masyarakat,” pungkasnya.
Hal serupa disampaikan Hana Rusdiana, Sekretaris Desa Banjarwaru, tak hanya masyarakat urban. Masyarakat desa pun membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini. Diera keterbukaan sekarang, sebagian masyarakat desa sudah menjadi ada yang menjadi juranlisme warga.
“Persoalannya mereka belum paham secara mendalam soal kaedah-kaedah jurnalistik. Melalui pelatihan ini, saya berharap pemahaman mereka soal jurnalistik semakin baik,” tutur Hana Rusdiana. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here