Ratusan Pedagang Pasar Subuh Rangkas Bitung Akan di Relokasi Disperindag

29
pasar PKL kandang sapi Rangkas Bitung (poto ~ istimewa)

JBN LEBAK – Sebanyak kurang lebih 800 pedagang Pasar subuh yang berjualan di sejumlah titik wilayah Rangkasbitung akan dipindahkan ke pasar baru kandang sapi  yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Banten.

Kepala bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Yani, mengatakan, ratusan pedagang itu bakal direlokasi ke pasar PKL Kandang Sapi, di Desa Narimbang Mulya, Rangkasbitung.

“Prioritas khusus PKL pedagang Pasar Subuh yang berjualan di sepanjang Jalan Kalijaga (dari Leuwi ranji sampai Jembatan Dua) dan sepanjang Jalan Tirtayasa,” kata Yani, Ahad (14/4/2024).

Akan tetapi, relokasi 800 pedagang belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Yani menyebut, Pemkab Lebak masih harus menambah bangunan Pasar Kandang Sapi agar seluruh pedagang bisa tertampung.

“Sekarang lebih mempersiapkan tambahan gedung dan sarana pendukung lainnya. Kalau sudah (lapak_red) cukup sesuai dengan kebutuhan, baru akan direncanakan relokasi secara serentak,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Lebak, Widi Ferdian menyampaikan, Pemkab Lebak telah mengusulkan anggaran sebesar Rp4,6 miliar melalui bankeu provinsi untuk menuntaskan pembangunan Pasar Kandang Sapi.

“Masih bersifat usulan, saat ini masih berproses dan verifikasi,” ucapnya.

usulan tersebut untuk menyelesaikan pembangunan pasar PKL Kandang Sapi yang sebelumnya sudah dibangun dengan anggaran hampir Rp 3 miliar dari Pemerintah Pusat.

“Jadi pembangunan pertama hanya untuk sekitar 180 pedagang, itu belum termasuk dengan sarana dan prasarana serta penunjang lainnya,”

Belum ada bahasan mengenai kapan waktunya para pedagang di pindahkan. karena masih harus kita siapkan dulu semuanya, termasuk akses transportasi dan lain-lainnya. katanya.(adry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here